E – KLEPON 950

(E – KLEPON, Electronic Kit for Learning on Emergency Pandemic and Offline Network)

Alat elektronik berbasiskan komputer mini/saku raspberry pi (raspi) sebagai solusi alternatif darurat belajar – mengajar kolektif dengan materi digital (video, grafis, ebook) pada kondisi pandemi COVID-19 dan luring (luar jaringan, tanpa sinyal wifi/internet/seluler atau tanpa personal gadget).

Total biaya membangun e-Klepon ini hanya Rp 950 ribu (seperangkat raspi + mini sdcard, converter hdmi-to-rca, keyboard + mouse). Untuk fungsi “layar monitor” bisa digunakan aneka TV yang ada di rumah, baik TV tabung lawas (analog dengan jack audio-video RCA) ataupun TV terbaru (digital / LCD dengan jack HDMI). Teknologi yang digunakan berbasis open source.

Untuk informasi lebih lanjut dan kolaborasi pengembangan, silakan hubungi email klepon @ ictwatch.id


Karena alat ini dimaksudkan untuk solusi alternatif darurat, maka alat ini dirancang secara sederhana dan menggunakan fasilitas yang tersedia luas di pasaran, antara lain minimal televisi tabung / analog sebagai monitor dan media penyimpanan flashdisk untuk membantu distribusi materi ajar digital dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ).

KOMPONEN E-KLEPON

Kit ini terdiri dari dua komponen utama, yaitu komputer saku berbasis Raspberry Pi dan konverter sinyal digital menjadi sinyal analog. Berikut ini adalah penjelasan detail komponen-komponen e-Klepon:

  1. Komputer saku atau small single-board computer. Kit ini menggunakan komputer saku Raspberry Pi seri 3B atau 3B+. Komputer saku ini adalah otak utama e-Klepon, dengan konektivitas HDMI untuk layar, jaringan kabel & nirkabel, dan empat colokan USB.
  2. Papan tombol (keyboard) dan tetikus (mouse) untuk membantu kendali masukan proses komputasi. Usahakan menggunakan papan tombol dan tetikus dengan sambungan kabel jenis USB. Idealnya menggunakan sambungan nirkabel, agar papan tombol dan tetikusnya bisa dibawa ke jarak yang ideal jika menggunakan monitor televisi yang berukuran lebar.
  3. Konverter HDMI ke RCA, yang berfungsi untuk mengkonversi sinyal digital menjadi sinyal analog agar output layar dan suara HDMI bisa ditangkap oleh sistem analog televisi tabung yang akan kita gunakan menjadi pengganti monitor komputer dan sistem suara.
  4. Televisi yang akan difungsikan sebagai monitor komputer dengan sistem suara yang terintegrasi. Teknologi televisi terendah yang sudah dicoba dan bisa dimanfaatkan sebagai pengganti monitor adalah televisi tabung dengan masukan RCA yang terdiri dari 3 masukan, yaitu kuning untuk sinyal video, putih untuk sinyal suara kiri, dan merah untuk sinyal suara kanan. Untuk televisi yang lebih mutakhir, umumnya juga masih menyediakan slot masukan RCA, meskipun pada umumnya masukan utamanya berjenis HDMI. Jadi kalau memiliki televisi berteknologi lebih mutakhir tentu bisa digunakan dengan menyambungkan langsung melalui kabel HDMI ataupun kabel RCA.

Piranti lunak yang digunakan dalam e-Klepon adalah sistem operasi linux Raspbian Buster yang dikenalkan dengan nama baru Raspberry Pi OS, sistem operasi berbasis Debian. Setting atau penyetelan yang harus dilakukan selama instalasi sistem operasi adalah mengubah konfigurasi sistem HDMI dari moda DVI menjadi moda analog. Sunting file konfigurasi /boot/config.txt dan ubah atau tambahkan hdmi_driver=2

Beberapa aplikasi perlu dipasang adalah PDFReader & ImageReader, dan aplikasi ini biasanya otomatis terinstalasi pada saat install Raspberry OS versi Desktop termasuk LibreOffice jika diperlukan. Untuk aplikasi multimedia, bisa ditambahkan aplikasi VLC Media Player atau Kodi Multimedia Center.

SOLUSI DISTRIBUSI / UPDATE MATERI AJAR E-KLEPON*

Sebagai solusi alternatif darurat, e-Klepon diharapkan menjadi alat mengakses materi ajar yang digunakan oleh peserta didik baik secara perseorangan atau dalam kelompok kecil bersama guru atau koordinator sarana PJJ. Materi pembelajaran dapat diupdate secara berkala semisal setiap triwulan melalui mekanisme distribusi flashdisk

Mekanisme pengkinian materi belajar bisa dilakukan dengan dua pendekatan. Pendekatan pertama, tentu saja secara berkala, tergantung pada jumlah materi pembelajaran, para peserta didik atau walinya secara berkala dan bergiliran datang ke sekolah atau tempat yang disepakati, semisal di balai desa. Lalu mereka update materi dan sekaligus berkonsultasi dengan para guru tentang proses PJJ atau dinamika yang muncul agar proses PJJ berjalan lancar dan berhasil guna.

Adapun pendekatan kedua dapat dilakukan oleh para guru atau pengampu mata ajaran PJJ dengan cara mengunjungi kediaman atau tempat kelompok peserta PJJ melakukan aktivitasnya. Dalam kunjungan tersebut, selain melakukan update materi belajar, para guru atau pengampu PJJ dapat menyediakan waktu konsultasi bagi para peserta didik tentang dinamika yang dihadapi dalam proses PJJ.

Baik pendekatan pertama maupun kedua, tentu cukup 1 orang saja yang punya akses ke Internet, kemudian melakukan kurasi dan kompilasi konten yang dibutuhkan, kemudian disimpan di laptop misalnya. Sehingga yang lain cukup copy-paste dari laptop tersebut.

Agar memudahkan proses  pengkinian materi PJJ, semua materi dapat diatur dalam folder berdasarkan tingkat/kelas, periode/masa belajar, dan materi pembelajaran. Materi pembelajaran dapat berupa pdf/e-book, dokumen atau presentasi (dengan format standard), infografis, dan materi video.

KEUNTUNGAN PJJ DENGAN E-KLEPON

  1. e-Klepon menggunakan sarana TV, yang notabene teknologi untuk penggunaan komunal (bersama) di wilayah rural. Tidak seperti gadget / gawai yang lebih untuk keperlua personal. Sehingga e-Klepon dapat mendukung pembelajaran proses “belajar bersama” di rumah ataupun di kelas*.
  2. e-Klepon tetap membutuhkan pertemuan dan komunikasi berkala dengan pengampu PJJ untuk update materi belajar. Hal ini bisa menjadi kesempatan konsultasi dan evaluasi proses belajar.
  3. e-Klepon memungkinkan untuk “dibongkar pasang” baik hardware maupun softwarenya. Teknologinya berbasis open source. Ini dapat mendorong pengembangan materi lebih lanjut, semisal coding for kids s/d computational thinking.
  4. e-Klepon memungkinkan konten ajar PJJ di-update secara berkala tanpa kesulitan yang berarti. Bentuknya yang ringkas dan ringan, dapat denga mudah dibawa kemana-mana.

*) Catatan Penting!

  • Harap diingat, apakah mau melakukan pendekatan pertama atau kedua ketika update maeri ajar, ataupun jika ingin menggunakan e-Klepon untuk belajar-mengajar secara kolektif / bersama dalam kelompok kecil di rumah atau di kelas / sekolah, pastikan patuhi protokol kesehatan: #PakaiMasker #JagaJarak #CuciTanganPakaiSabun
  • Sumber materi ajar format digital diantaranya: Buku Sekolah Elektronik Kemdikbud, YouTube Majalah Bobo, YouTube Ini Budi

Periset: Heru Tjatur / Video: MatahariTimoer

Comments are closed.

×

Apa yang bisa kami bantu untuk Anda?

Kami segera merespon / menjawab hanya pada hari dan jam kerja (Senin s/d Jumat, 10.00 s/d 16.00 WIB). Nomor WA (chat only, no call): +62-811-81-WATCH (92824).

×